Jumat, 11 November 2011

PTK contoh Abstrak PTK

ABSTRAK
Penelitian Perbaikan Pembalajaran ini berjudul “Pemanfaatan Media Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar Menulis Puisi Bagi Siswa Kelas V Semester 2 SD Negeri  1 Jogosimo”. Adapun masalah yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini adalah; (1) Apakah penggunaan Media Lingkungan dapat  membantu siswa dalam mempermudah memahami materi? (2) Apakah penggunaan Media Lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa? (3) Apakah penggunaan Media Lingkungan dapat meningkatkan kesungguhan siswa dalam pembelajaran?
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis dampak penggunaan Media Lingkungan terhadap kemudahan siswa dalam memahami materi pembelajaran. (2) untuk menganalisis dampak pemanfaatan Media Lingkungan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. (3) untuk menganalisis dampak pemanfaatan Media Lingkungan terhadap peningkatan kesungguhan siswa dalam belajar.
Penelitian ini dilakukan melalui proses pengkajian berdaur (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah: (1) Penggunaan Media Lingkungan pada pembelajaran Bahasa Indonesia KD Menulis Puisi, mampu mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran. (2) Penggunaan Media Lingkungan pada pembelajaran Bahasa Indonesia KD Menulis Puisi, mampu memberikan tingkat pemahaman materi yang lebih baik dari peraga gambar atau chart pada model pembelajaran konvensional (3) Penggunaan Media Lingkungan mampu meningkatkan kesungguhan belajar siswa yang berada pada tahap perkembangan kognitif operasional konkret. (4) Jumlah anggota kelompok 5 siswa dalam kelompok kerja dapat memungkinkan siswa bekerja secara efektif dan aktif dalam kelompok.     (5) Faktor lain yang memberikan kontribusi pada peningkatan hasil perbaikan pembelajaran adalah pemberian kesempatan kepada setiap siswa untuk memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Sehingga setiap siswa masing-masing memperoleh pengalaman belajar melalui pengalaman langsung dan melakukan sendiri. (6) Ada korelasi positif antara kesungguhan belajar siswa dengan hasil belajar siswa, semakin tinggi kesungguhan belajar siswa semakin tinggi pula angka keberhasilan siswa dalam belajar. (7) Pembelajaran akan lebih efektif bila dalam proses pembelajaran memperhatikan perkembangan kognitif siswa. Sehingga siswa mempunyai kesungguhan dalam belajar.


untuk pendahuluan Bab I - dst mohon sabar ! 

Tidak ada komentar: